Buku Teks
1. Pengertian
Buku teks
merupakan salah satu sumber belajar dan bahan ajar yang banyak digunakan dalam
pembelajaran. Buku teks memang merupakan bahan ajar sekaligus sumber belajar
bagi siswa yang konvensional. Namun meskipun konvensional dan sudah
dipergunakan cukup lama dan banyak yang menganggap tradisional, buku teks
pelajaran masih cukup mampu memberikan kontribusi yang baik pada pembelajaran.
Beberapa materi pembelajaran tidak dapat diajarkan tanpa bantuan buku teks
pelajaran.
Sumber dan pembuat
buku teks pelajaran dapat berasal dari berbagai macam. Esensi buku teks
pelajaran adalah memberikan informasi dan materi kepada peserta didik melalui
bahan yang berbentuk cetakan. Buku pelajaran memuat materi pelajaran ditambah
dengan informasi yang relevan secara menyeluruh dan lengkap sehingga penggunaan
buku teks pelajaran dapat digunakan berdampingan maupun tanpa sumber belajar
atau media
pembelajaran lainnya.
Pada umumnya buku
pelajaran dikeluarkan atau diterbitkan oleh penerbit-penerbit yang banyak
menawarkan ke tiap-tiap institusi pendidikan. Ini menjadikan satu institusi
atau sekolah satu dengan yang lainnya dapat menggunakan buku teks yang berbeda
pada materi pelajaran dan tingkatan kelas yang sama. Pemerintah juga
menyelenggarakan program BSE (Buku Sekolah Elektronik) dimana BSE merupakan buku teks
pelajaran yang disediakan secara gratis dan dapat diunduh (download) serta disebar luaskan tanpa
pelanggaran hak cipta. Penerbit yang ingin mengambil keuntungan dari buku BSE
ini juga tidak diperbolehkan menetapkan harga melebihi harga maksimal yang
ditentukan.
Buku teks
pelajaran merupakan bahan ajar dan sumber belajar yang mudah ditemukan dan
digunakan. Setiap toko buku memiliki dan menjual buku pelajaran dengan harga
yang terjangkau. Dalam penggunaan juga sangat mudah, peserta didik cukup
membaca dan memahami materi yang dituangkan dalam buku tersebut, tidak perlu
keterampilan khusus lain yang diperlukan untuk menggunakan buku teks pelajaran.
Ini juga yang merupakan bahan cetak ini banyak digunakan.
Buku teks pelajaran memiliki banyak
fungsi, tujuan dan kegunaan atau manfaat dalam mendukung proses pembelajaran. Nasution dalam Prastowo (2012: 169)
menyebutkan terdapat beberapa fungsi, tujuan dan manfaat atau kegunaan buku
teks pelajaran, yaitu:
2. Fungsi Buku Teks Pelajaran
· Sebagai bahan referensi atau bahan
rujukan oleh peserta didik
· Sebagai bahan evaluasi
· Sebagai alat bantu pendidik dalam
melaksanakan kurikulum
· Sebagai salah satu penentu metode atau
teknik pengajaran yang akan digunakan pendidik
· Sebagai sarana untuk peningkatan karir
dan jabatan
3. Tujuan Buku Teks Pelajaran
· Memudahkan pendidik dalam menyampaikan
materi pembelajaran
· Memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari pelajaran baru
· Menyediakan materi pembelajaran yang
menarik bagi peserta didik
4. Manfaat atau Kegunaan Buku Teks
Pelajaran
· Membantu peserta didik dalam
melaksanakan kurikulum karena disusun berdasarkan kurikulum yang berlaku
· Menjadi pegangan guru dalam menentukan
metode pengajaran
· Memberi kesempatan bagi peserta didik
untuk mengulangi pelajaran atau mempelajari materi yang baru
· Memberikan pengetahuan bagi peserta
didik maupun pendidik
· Menjadi penambah nilai angka kredit
untuk mempermudah kenaikan pangkat dan golongan
· Menjadi sumber penghasilan jika
diterbitkan
Pembuatan buku teks pelajaran yang sesuai
fungsi, tujuan dan manfaat tentu sudah cukup menjadikan buku pelajaran sebagai
bahan ajar yang tepat. Guru maupun peserta didik juga tidak harus dipusingkan
lagi dengan pemilihan
sumber belajar yang
akan digunakan. Tentu saja pemilihan buku teks sebagai sumber belajar harus
memperhatikan hal-hal khusus serta komponen-komponen
penyusun sumber belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar