MODUL
Modul
adalah satuan program pembelajaran yang terkecil, yang dapat dipelajari oleh
mahasiswa sendiri secara perseorangan (self instructional) setelah mahasiswa
menyelesaikan satu satuan dalam modul, selanjutnya mahasiswa dapat melangkah
maju dan mempelajari satuan modul berikutnya.
Pembelajaran
dengan menggunakan modul, merupakan strategi tertentu dalam menyelenggarakan
pembelajaran indiv idual. Modul pembelajaran, sebagaimana yang
dikembangkan di Indonesia, merupakan suatu paket bahan pembelajaran (learning materials) yang memuat deskripsi tentang tujuan pembelajaran, lembaran petunjuk dosen yang menjelaskan cara mengajar yang efisien, bahan bacaan bagi mahasiswa, lembaran kunci jawaban pada lembar kertas kerja mahasiswa, dan alat-alat evaluasi pembelajaran.
Modul berisi :
dikembangkan di Indonesia, merupakan suatu paket bahan pembelajaran (learning materials) yang memuat deskripsi tentang tujuan pembelajaran, lembaran petunjuk dosen yang menjelaskan cara mengajar yang efisien, bahan bacaan bagi mahasiswa, lembaran kunci jawaban pada lembar kertas kerja mahasiswa, dan alat-alat evaluasi pembelajaran.
Modul berisi :
1.
Judul Modul
Judul ini berisi
tentang nama modul dari suatu mata kuliah tertentu.
2.
Petunjuk Umum
Memuat
penjelasan tentang langkah-langkah yang akan ditempuh dalam perkuliahan,
sebagai berikut :
a. Kompetensi Dasar
b. Pokok bahasa
c. Indikator Pencapaian
d. Referensi
a. Kompetensi Dasar
b. Pokok bahasa
c. Indikator Pencapaian
d. Referensi
Diisi petunjuk dosen tentang buku-buku referensi
yang dipergunakan.
e. Strategi Pembelajaran
e. Strategi Pembelajaran
Menjelaskan pendekatan, metode, langkah yang
dipergunakan dalam proses pembelajaran.
f. Lembar Kegiatan Pembelajaran
f. Lembar Kegiatan Pembelajaran
Petunjuk bagi mahasiswa untuk memahami
langkah-langkah dan materi perkuliahan
g. Evaluasi
g. Evaluasi
Evaluasi dilakukan untuk mengetahui kemampuan
mahasiswa setelah menyelesaikan
pembelajaran satu modul. Evaluasi ini diberikan setelah pembelajaran berakhir (post test) berupa:
pembelajaran satu modul. Evaluasi ini diberikan setelah pembelajaran berakhir (post test) berupa:
-
tes benar-salah (true-false test), soal
isian (essay test), tes pilihan ganda (multiple choice test), dan tugas-tugas
lain.
3. Materi Modul
3. Materi Modul
Berisi
penjelasan secara rinci tentang materi yang dikuliahkan pada setiap pertemuan
4. Evaluasi Semester
4. Evaluasi Semester
Evaluasi
ini terdiri dari tengah dan akhir semester dengan tujuan untuk mengukur
kompetensi mahasiswa sesuai materi kuliah yang diberikan.
Daftar
Pustaka:
Arsyad,
Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
Badan
Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia. 2009. Panduan
Pembuatan Bahan Ajar (DIKTAT, MODUL, HANDOUT). (online).
(http://www.uii.ac.id/index2.php?option=com_docman&task=doc_view&gid=85&Itemid=507)
Prastowo,
Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif.
Yogyakarta: DIVA press
Slirawati, Das. 2010. Teknik Penyusunan Modul
Pembelajaran, (online),
(http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/PengmbGN%20Modul%20dan%20Bhn%20Ajar_0.doc)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar